Link

Life is full of struggle.

All life demands struggle. Those who have everything given to them become lazy, selfish, and insensitive to the real values of life. The very striving and hard work that we so constantly try to avoid is the major building block in the person we are today – Pope Paul VI

Well, I feel kinda frustated nowadays… biarkan aku bercerita..

Sudah sejak beberapa tahun ini aku merasa ada semacam kemerosotan atau bisakah kusebut dekadensi kualitas diri? aku merasa malu jika berkaca pada sosok diri 10 tahun yang lalu. Dimana Neno kecil berdiri tegak dengan bangganya kala berpredikat sebagai murid teladan se-kabupaten. Aku melihat senyuman bangga ayah dan ibu, bapak kepala sekolah, dan semua guru serta orang-orang sekitar yang selalu mendukungku.

Sekarang.. mungkin saja masa kejayaan itu masih sedikit melekat. Ya, sedikit saja. Ayah mungkin masih berkata bahwa dia bangga memiliki putri sepertiku. Beliau bangga mengetahui fakta bahwa putri pertamanya adalah seorang calon dokter. Well, rasanya benar-benar ingin menangis saat ayah berkata seperti itu. Benar, aku juga bangga. Tapi, sejujurnya aku merasa bahwa ini belum benar. Belum benar sama sekali, Nen. Ini bukan titik yang kamu mau.

Sedari kecil, aku terbiasa bermimpi besar. Hanya orang-orang tertentu yang bisa aku ceritakan tentang mimpi-mimpiku. Karena memang tidak semua orang bisa mengerti dan memahami apa yang aku mau. Masa sekolah dasar aku habiskan dengan belajar dan belajar. Neno kecil sangat gemar membaca, mulai dari buku pelajarannya, buku fiksi, hingga buku atlas. Ya, dari Atlas yang kupandangi dan kuamati nyaris setiap hari, aku mulai bermimpi. Bermimpi bahwa di dunia luar sana pasti ada sesuatu menarik yang harus kujelajahi dan kukejar.

Neno kecil dulu adalah sosok penuh percaya diri, bahkan dia sempat menjuarai lomba pidato sewaktu sekolah dasar. Entahlah kemana perginya sosok itu sekarang. Yang ada sekarang hanya sosok penuh keraguan, tidak percaya diri, dan hanya berada di zona amannya saja. Ah, ketika memikirkan hal itu, rasanya dunia menjadi lebih buram.

Tetapi, masih bolehkah dia bermimpi? Masih adakah kesempatan itu? Tinggal kita lihat, apa langkah yang akan dia ambil setelah ini. Doakan saja sosok luar biasa beberapa tahun lalu bisa kita lihat lagi.

Well maafkan saya curhat panjang lebar atau penulisan yang tidak sesuai EYD hihiw.

Leave a Reply

